Friday, July 01, 2005

buat CV yang baik

Mengenai CV anda, agar terlihat lebih profesional, representatif dan menarik ada beberapa hal yang mesti diperhatikan :
1. Hindari penggunaan background image
2. Status perkawinan (single/married/divorced)
3. Usahakan dalam bahasa Inggris
4. Scan dan Attach pas foto anda.
5. Usahakan ada referensi (nama atasan) tempat anda bekerja sebelumnya
6. Selalu cantumkan jenis pekerjaan yang anda inginkan (misalnya akunting, legal, IT), hindari lamaran yang menginginkan pekerjaan apa saja, karena kesannya serabutan.
7. Cantumkan spesialisasi anda
8. Gunakan font standar baik ukuran maupun jenis, dan jangan warna warni. Times new Roman adalah pilihan yang baik.
9. Cantumkan deskripsi singkat tentang pekerjaan (bukan perusahaan) anda pada perusahaan sebelumnya, paling banyak 3 perusahaan terakhir, serta pangkat & jabatan anda saat itu
10. Cantumkan HANYA pengalaman kerja/organisasi yang berhubungan dengan spesialisasi anda, bila anda melamar sebagai spesialis hukum,
maka pengalaman sebagai ketua osis/pramuka tidak perlu (dan sebaiknya jangan) dicantumkan.
11. Cantumkan nomor identitas anda.

Urutan CV yang baik :

Halaman 1 : Application Letter
Berisi surat lamaran yang ditujukan kepada (biasanya) HR Manager, yang mendiskripsikan tujuan anda melamar serta deskripsi singkat tentang anda. Jangan cantumkan biodata anda disini.

Contoh :

Dear Sir/Madam,

I would like to join your company as a [pekerjaan yang anda inginkan disini] My educational background are [background pendidikan formal anda dan nilai IPK]
I am a hardworking person, able to work independently or as a team member and able to work under pressure, with high responsibility and respect team work. I would like to have an opportunity for an interview to further discuss of my application. You can contact me via phone or e-mail. As for other documents that are not included in this application, I will complete it along with your notification.

Thank you so much for your attention and I am looking forward to hearing from you soon.


Sincerely yours,


[Muhammad Akram SH, MH]

Halaman 2 : History Pendidikan dan training anda, lengkap dengan jurusan, jenjang, institusi, tahun lulus dan nilai. Dahulukan pendidikan formal.

Contoh :

Formal Education :
Bachelor Degree, Fakultas XXXXX, Universitas YYYYY (2000, IPK : 3.0)
Master Degree, Fakultas XXXXXX, Universitas YYYYY (2002, IPK 4.0)

Halaman 3 : Pengalaman kerja anda, lengkap dengan pangkat, jabatan, jenis pekerjaan, prestasi / proyek yang telah selesai (dengan sukses), tanggung jawab dan wewenang pekerjaan, serta periode kerja.
Halaman 4 : Pengalaman organisasi / eksternal : hanya yang berhubungan dengan jenis pekerjaan yang anda inginkan.
Halaman 5 : Referensi kerja (daftar nama atasan/direktur tempat anda bekerja sebelumnya)
Halaman 6 : Biodata + pas foto

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home